MUI DKI Jakarta: Indonesia Pasar Bahan Dasar Narkoba

Indonesia saat ini dalam kondisi darurat narkoba.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Gerakan Nasional Antinarkoba (Ganas Annar) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi DKI Jakarta periode 2018-2022 dilantik di Balai Agung Balai Kota DKI Jakarta pada Rabu (19/4). Ganas Annar DKI Jakarta akan memerangi narkoba sebab Indonesia saat ini dalam kondisi darurat narkoba.

Ketua MUI DKI Jakarta KH Syarifuddin Abdul Ghani mengatakan, Indonesia tengah menghadapi situasi darurat narkoba. Hal ini mengancam kelangsungan hidup generasi muda penerus bangsa karena narkoba menimbulkan kerusakan bagi penggunanya. Narkoba telah menjadi musuh bersama yang wajib diberantas.

“Indonesia saat ini menjadi pasar terbesar tingkat kawasan ASEAN untuk kebutuhan amphetamin atau bahan dasar narkoba,” kata KH Syarifuddin saat pidato sambutan pelantikan Ganas Annar MUI DKI Jakarta periode 2018-2022 di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (19/4).

Ia menerangkan, tidak ada wilayah di seluruh Indonesia yang terbebas dari peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Jumlah kerugian ekonomi dan sosial akibat masalah narkoba begitu besar. Nilai kerugiannya mencapai Rp 63 triliun.

Dia menjelaskan, pembentukan Ganas Annar MUI DKI Jakarta dikukuhkan hari ini sebagai wujud upaya pencegahan penyalahgunaan narkotika. Caranya dengan meningkatkan partisipasi masyarakat, pemimpin lembaga agama, dan ormas Islam dari berbagai unsur. Selain itu, cara lainnya adalah melakukan kemitraan dengan berbagai elemen.

“Saya berharap dengan dibentuk dan dikukuhkannya pengurus ini (Ganas Annar DKI Jakarta), saudara-saudara akan selalu sigap dan tanggap dalam merespons setiap persoalan terkait penyalahgunaan narkoba,” ujarnya.

KH Syarifuddin menyampaikan, pengurus diharapkan mampu bekerja sama dengan aparat terkait sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. MUI DKI Jakarta juga menyambut baik pembentukan dan pengukuhan pengurus Ganas Annar DKI Jakarta yang diresmikan hari ini.

sumber : https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/18/04/19/p7f6m9366-mui-dki-jakarta-indonesia-pasar-bahan-dasar-narkoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *